Home » , » cara diet untuk orang yang menderita penyakit gastritis

cara diet untuk orang yang menderita penyakit gastritis


Cara diet untuk orang yang menderita penyakit gastritis
gastritis adalah suatu penyakit peradangan yang terjadi pada lambung, penyakit ini biasanya terjadi karena pengikisan terhadap lapisan dinding lambung, bisa disebabkan oleh helicobacter pylori, karena trauma, stress yang berakibat pada pola makan yang tidak benar, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Dari beberapa penyebab diatas, kebanyakan penyakit gastritis ini terjadi karena adanya pola makan yang tidak teratur dan salah konsumsi terhadap suatu makanan / obat - obatan.

sedikit cerita kebetulan saya juga ada kenalan teman yang menderita penyakit gastritis ini, awal mulanya bermula pada saat kawan saya ini terkena penyakit semacam gatal yagn tidak ujung sembuh, pada akhirnya dia mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang katanya bisa menyembuhkan penyakit gatal, dari mulai daging tokek, kodok, kelelawar, sampai daging anjing loh.

Hingga pada akhirnya dia mencoba untuk konsultasi kepada dokter dan diberikanyalah obat semacam penahan rasa sakit / anti alergi, namun ketika dia meminum obat tersebut efeknya adalah mutah, yang berimbas pada pola makanya yang tidak teratur.

Tidak lama kemudian sekitar 1 bulan kalau tidak salah, dia masuk rumah sakit dan opname selama sekitar 2 minggu dan di diagnosa terkena gastritis.

Mencegah Penyakit Gastritis


- Pencegahan penyakit gastritis yang terjadi karena konsumsi makanan / minuman tidak sehat dapat dicegah dengan tidak mengkonsumsi makanan / minuman tersebut secara berlebihan, lalu makanan dan minuman apakah yang dapat menyebabkan penyakit gastritis ini?

1. obat penghilang rasa sakit
     seperti aspirin, ibuprofen, naproxen dan lain sebagainya
2. rokok
3. alcohol
4. makanan asam

wah rokok juga termasuk dalam kategori makanan dan minuman? yah anggap saja begitu, rokok dapat menyebabkan penyakit gastritis ini disinyalir dapat menjadi media tumbuh suburnya bakteri (helicobacter pylori ).

- Mencegah penyakit gastritis yang disebabkan oleh pola makan
Pola makan yang tidak teratur bisa menjadi pemicu penyakit gastritis, penyakit gastritis ini bisa di bilang magh akut, karena terjadinya pengikisan dinding lambung.Seperti yang kita ketahui lambung selalu meremas ( menggiling makanan ) jika tidak terdapat makanan, maka dinding lambung akan saling bergesekan antara satu dengan yang lainya.Itulah sebabnya pada artikel saya yang terdahulu, saya katakan bahwa diet bukan berarti "tidak makan sama sekali" karena di khawatirkan malah akan menjadi penyakit lainya seperti gastritis ini.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pun bisa menjadi penyebab penyakit gastritis, bagaimana tidak, lambung yang notabene adalah daging jika dipaksa untuk mengolah / meremas makanan yang berlimpah tentu akan berpotensi menimbulkan luka.

Jadi inti dari pencegahan penyakit gastritis ini adalah ada pada konsumsi jenis makanan yang benar, jaga diri agar tidak stress, jangan biarkan perut kosong, jangan biarkan perut terlalu penuh / d ijejal dengan makanan.

lantas bagaimana cara diet penyakit gastritis ini?

seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyakit ini pada intinya adalah luka yang terjadi pada dinding lambung, jika dinding lambung sudah terluka maka metabolisme pencernaan makanan akan terganggu, vitamin / nutrisi makanan yang terserap pun tidak akan maksimal.

Jadi kesimpulanya untuk yang menderita penyakit gastritis ini, jangan memikirkan untuk diet, lebih baik anda fokus pada pengaturan pola makan, pemilihan jenis makanan yang benar, atur olahraga ringan yang cocok untuk anda.

karena secara otomatis biasanya tidak lama penderita gastritis ini akan langsung kurus dengan sendirinya, bukan karena diet, melainkan karena makanan yang di cerna tidak bisa diserap dengan sempurna oleh tubuh ( nutrisinya)

sebagai referensi : kawan saya yang saya ceritakan di atas tadi, pada waktu pertama saya bertemu dia, tubuhnya sangat gemuk, perutnya buncit karena memang dia senang makan, sekarang bisa dibilang bahwa tubuhnya tinggal kulit pembalut tulang.

2 comments:

  1. YUK !!!!! buruan gabung dan menang kan total hadiah ratusan juta rupiah setiap hari nya hanya di s1288poker agent poker terpecaya .... cuma di sini tempat nya kamu bisa menunjukan kehebatan kamu dalam bermain poker yukkkk daftar kan diri anda sekarang juga
    terdapat 6 game dalam 1 user id anda loh.... (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete
  2. s1288Poker adalah agen bandar online indonesia yang terfavorit dan banyak penggemarnya, Permainan seru ini tanpa bot, tanpa admin dan 100% player vs player. Situs ini adalah jenis permainan Kartu online yang menggunakan uang asli untuk taruhan. Ayo segera bergabung bersama kami di www,s1288,poker - Kami adalah Agen Bandar Online Yang Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Dengan minimal deposit dan withdraw termurah anda bisa mainkan permainan ini sekarang juga. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete