Home » , , » Uang palsu semakin susah di bedakan, berikut ciri uang palsu terbaru

Uang palsu semakin susah di bedakan, berikut ciri uang palsu terbaru

uang palsu
Bahkan dalam mesin ATM pun ada uang palsu. Uang palsu semakin susah di bedakan, ya kejadian ini terjadi ketika saya hendak membayar cicilan di sebuah perusahaan leasing, tiba - tiba petugas kasirnya mengembalikan uang 100rb an saya, sambil mengatakan ganti mas, kemudian saya ambil uang tersebut dan sambil berjalan keluar untuk mengambil uang di dalam jok motor saya.

Sembari berjalan saya ter heran - heran, apa yang membuat uang saya dikembalikan, memang uang tersebut agak sedikit rusak, dengan sedikit robekan di tengah - tengah lipatanya, kemudian saya coba menrawang uang tersebut, terlihat tanda air, kemudian saya cari lagi ada benang bengamanya, jadi kesimpulan saya " oh mungkin karena rusak makanya minta di ganti.

Namun karena penasaran, kemudian saya tanyakan kepada kasirnya, Kenapa mas ? palsu ya?
Kemudian penjaga kasirnya pun menjawab : iya mas palsu itu,
saya : masak mas ? ni kalau di trawang ada tanda airnya ?
penjaga kasir : semua ada tanda airnya mas, coba mas raba uang nya.
lalu mas kasir mengambil uang 100 rb-an sebagai pembanding,
penjaga kasir : coba mas bandingkan juga warnanya. berbeda kan.

Yang lebih mirisnya lagi, mas kasir tersebut mengatakan bahwa di dalam mesin ATM pun terdapat uang palsu, seraya ter cengang dan tidak percaya saya bilang ke mas nya, masak mas? mas kasir pun menjawab betul mas.dan mas nya pun ber cerita bahwa ada emak - emak penjual cabai pun kena tipu uang palsu tersebut, ya jelas sangat mungking, soalnya saya sendiri yang anak sekolahan walau cuma sampai SMA saja bisa tertipu dengan uang palsu tersebut.

Setelah saya perhatikan berikut ada beberapa ciri yang memang perlu di perhatikan untuk mendeteksi uang palsu secara kasat mata .

  1. Jangan tertipu dengan tanda air dan benang pengaman
    Seperti yang sudah saya bilang tadi uang palsu pun ada tanda airnya ketika di trawang, dan ada benang pengamanya juga.
  2. Raba uang tersebut
    uang palsu terasa seperti kertas yang di siram cat, karena di cetak dengan mesin print dan tidak ada lapisan khusus untuk melindungi uang tersebut maka uang palsu akan menjadi terasa kasar ketika di raba.
  3. Elastisitas
    seperti halnya meraba, kertas yang terkena tinta secara block / keseluruhan, akan menjadi terasa lebih kaku.
  4. Warna
    uang palsu cenderung lebih pudar, ya tentusaja tanpa membandingkan dengan uang  100rb an yang asli akan sangat susah membedakanya.
  5. Jika uang sudah lusuh
    trik ini bisa juga di lakukan para penipu uang palsu, karena jika uang terlihat baru kemungkinan penerima akan curiga sangat besar, jadi uang sengaja di buat agak lusuh. Jika terdapat sobekan kecil, perhatikanlah sobekan tersebut akan nampak berbeda sekali dengan sobekan uang asli.Sobekan uang palsu terlihat seperti kertas biasa, dan di bagian lipatanya biasanya terjadi korosi atau pengeroposan, coba saja anda lipat kertas biasa kemudian buka lagi lipatan tersebut, lakukan ber ulang ulang, maka bagian lipatanya akan terlihat seperti itu.
Dari beberapa tips di atas (untuk mengetahui uang palsu atau asli ) dengan cara di lihat dan di trawang menurut saya sudah tidak lagi efektif untuk membedakan uang palsu.

Cara yang paling efektif dan mudah adalah dengan cara sinar UV atau sinar ultra violet, dimana uang / beberapa bagian uang seperti nomor dan benang pengaman kalau tidak salah, akan menyala ketika terkena sinar UV.

2 comments:

  1. Pokers128 adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (WA : 081910053031)

    ReplyDelete
  2. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Quote

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Penggoda dan Penghianat Itu Tidak Akan Pernah Bahagia

    ReplyDelete